Tentang Kita ? dan Dunia Kita ?

Cara Mudah Mengganti Template Blogspot Tanpa Menghapus Widget

      Template tu sejenis tema kalo di hape. Nah biasanya kan kita bosen ni sama template blog kita yang itu-itu aja. Ato sama template default bawaannya si blogspot sendiri. Sekarang kita ganti yuk template kita biar lebih enak dipandang gitu. Ups,,tapi kita pernah denger kan ada isu kalo ganti template ntar widgetnya ilang semua!! Ya emang ilang kalau kita gag hati-hati. Tapi ni aku ada caranya kok biar widget yang udah kamu buat sedemikian rupa gag ilang. Ikuti step-stepnya gan :
1. Download template-template unik plus lucu yang kamu pengenin. Bisa  didownload di sini.
2. Biasanya download-an dalam format zip jadi perlu kamu ekstrak dulu ya.
3. Next login ke akun blogmu.
4. Pada bagian dasbor pilih tata letak


5. Pilih edit html

6. Pastikan expand template widget tidak dalam keadaan tercentang, sekali lagi tidak-dalam-keadaan,tercentang. Ketik Ctrl+F, lalu ketik  < b : widget id.... (seharusnya gag pake spasi, coz kalo pake spasi tu kode gag bisa ditampilin di postingan), nah mulai dari situ sampai ke bawah kamu copy deh, tapi tunggu dulu ada sedikit catetan waktu ngopy, kamu harus jeli, yang kamu copy tu yang berawalan < b : widget id.... sampe tanda kurung siku tutup >. Untuk kode-kode seperti < b : section :>, < div >, dll tu jangan sampai kamu copy, terutama < div > karena bisa mengacaukan kode untuk template baru nantinya. Diinget ya, WARNING ni!!

Trus paste ke notepad. (Tau gag letak notepad di mana? Start-All Programs-Accessories-Notepad).

7. Pilih browse, cari hasil ekstrak template yang udah di download tadi, unggah deh.
8. Setelah sukses mengunduh biasanya ada pertanyaan untuk menghapus widget-widget mu (oh no!!)

tidak perlulah kau merasa gundah gulana seperti itu. PENTING..jangan sekali-kali mengeklik 3 pilihan seperti dalam screenshot di atas sebelum kamu paste kode-kode widget kamu tadi.
9. Ketik lagi Ctrl+F, lalu ketik < b : section class ='sidebar' id = ' sidebar = top' preferred = 'yes' > (sekali lagi tidak pake spasi), setelah ketemu kode di atas silahkan paste kode widgetmu tepat di bawah kode tersebut.

10. Sebelum kamu simpan alangkah baiknya kamu lihat hasilnya di pratinjau. Sedikit catetan lagi nih,biasanya ntar ada penyesuaian-penyesuaian kode.
Contoh nih ye gini : -ada 2 kode Labels1, label tersebut harus unik (solusinya cari kata-kata labels1 di  html, lalu hapus aja, gag usah ragu ataupun bimbang, ada aku di sini, hehe).
- misal lagi ni, kode blanklist1 tidak sesuai (solusi cari kata blanklist1, hapus aja,bunuh dia,haha).


11. Kalau kamu udah sukses nglewatin langkah pratinjau baru bisa deh kamu save, trus nikmatin hasil kerja keras kamu ngoprek-ngoprek html mpe gag tidur semalaman (haha pengalaman pribadi). Kalau tata letak agak semrawut bisa diedit lewat tata letak sekehendak kamu.


Gud Luck Gan!!


Catetan kaki : Jangan pantang menyerah ya sob! Ngedit-ngedit html emang kadang bikin emosi, muntah-muntah, diare, dsb...tapi kalo udah berhasil trus lihat hasilnya bakalan puaaasssss bangget,hehe.
3 Responses
  1. kalo ada pertanyaan ato kode-kode yg salah pada waktu pratinjau bisa ditanyain di sini, sekalian sharing-sharing ,,ok


  2. Unknown Says:

    iya lagi baca nih masih binun ini nih lagi blajar sama master hikhik..ini blog kacang saya http://belajarcariduitgampangonline.blogspot.co.id/


  3. Unknown Says:

    masihh binuuunnnn help..please


Jangan tutup blogku sebelum ninggalin pesan!!!